pancaroba dan muntaber

pancaroba.jpg<br

selamat pagi sahabat mwb.


apa hubungannya pancaroba (peralihan musim) dengan penyakit muntaber ?
musim penghujan sepertinya telah tiba menggantikan musim kemarau, berhati - hati dan waspada terhadap kemungkinan munculnya penyakit muntah dan berak (muntaber) di musim pancaroba atau peralihan musim.

kini sepertinya sudah memasuki musim pancaroba, yaitu peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. kita harus waspada terhadap muntaber yang biasanya terjadi pada musim tersebut.
kalau di tengok ke belakang, biasanya pada musim pancaroba anak-anak rentan terkena penyakit muntaber. namun demikian, orang dewasa pun bisa terkena muntaber bila tidak berhati - hati. oleh karena itu, agar berhati-hati dalam mengonsumsi makanan atau minuman. apalagi mengonsumsi atau meminum air sungai, airnya harus direbus dan betul-betul sampai matang. karena kondisi air sungai yang penuh dengan bakteri e.coli yang bisa membuat muntaber bagi yang mengonsumsi jika airnya tidak dimasak terlebih dahulu.
selain itu, agar orang tua jangan membiarkan anak - anaknya jajan sembarangan guna mencegah terserang muntaber.


muntaber.jpg<br

gejala umum muntaber adalah nyeri perut atau mulas.
gejala-gejala lain yang mungkin anda rasakan adalah kram di perut, mual, demam, hilangnya nafsu makan. saat diare disertai dengan muntah berulang kali, itu artinya anda terserang muntaber.
bisa terkena penyakit muntaber karena adanya virus penyebab diare, e.coli dan shigella.

untuk mengatasi gejalanya, bawalah ke dokter, atau anda bisa memberikan cairan oralit pada si penderita sebelum parah.

berhati - hati dan waspadalah !.



tag: pancaroba dan muntaber

0 Response to "pancaroba dan muntaber"

Posting Komentar