Indonesia Dapat Bantuan 'Mesake' Tangani Kebakaran Hutan

indonesia-dapat-bantuan.jpg<br(hutan terbakar)

Indonesia dapat bantuan tangani kebakaran hutan? ya syukurlah.
Telah kita ketahui hampir setiap tahun hutan di Indonesia mengalami kebakaran. Entah kebakaran yang disengaja ataupun tidak, dan pada akhirnya memang makhluk hidup yang merasakan dampak dari kebakaran tersebut.
Api yang membakar hutan di Indonesia memang sulit dipadamkan karena kebanyakan lahannya gambut. Sehingga api yang dapat dipadamkan akan dengan mudah muncul kembali.

Sudah beberapa bulan ini kebakaran hutan di Indonesia terjadi dan penanganan pemadaman pun telah dilakukan dengan sigap oleh pemerintah ataupun instalasi lain dan juga warga. Hal itu telah dibuktikan oleh pemerintah beberapa waktu yang lalu dimana Presiden Jokowi memerintahkan ribuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk memadamkan kebakaran hutan tersebut. Mereka para tentara dengan gagah berani menjalankan perintah. Namun apa daya, lahan yang terbakar sangatlah luas dan bergambut. Hingga mereka pun kewalahan dalam memadamkan api. Sehingga asap dari kebakaran hutan tersebut masih terus membumbung ke udara dan menyapa masyarakat di sekitaran lokasi kebakaran. Bukan hanya itu, asap dari kebakaran hutan itu dengan santai namun beringas.. berjalan-jalan sampai ke negeri tetangga, sehingga teguran dan sindiran dari mereka pun di layangkan ke negeri tercinta ini, Indonesia.

Kebakaran hutan di Indonesia kini telah di anggap sebagai bencana besar karena telah menyengsarakan manusia. Kabut asap yang muncul karena kebakaran itu telah membuat pernafasan terinfeksi, tidak sedikit dari anak-anak dan orang dewasa roboh karena kebanyakan menghirup udara bercampur asap.

Ada beberapa negara asing mesake/kasihan dan menawarkan diri guna membantu memadamkan kebakaran hutan di Indonesia. Namun saat itu pemerintah masih berdiam diri alias belum merespon tawaran dari mereka. Barulah setelah merasa kewalahan dan mungkin mendapat banyak desakan dari berbagai pihak, pemerintah akhirnya menerima tawaran bantuan dari negara-negara tersebut.
Ada beberapa negara yang ingin membantu memadamkan kebakaran hutan di Indonesia, di antaranya adalah Singapura, Malaysia, Jepang, China, Thailand, dan Rusia.
Jepang sendiri akan memberikan bantuan Chemical Substance untuk mempercepat pemadaman, beserta tenaga ahli untuk menggunakan bahan kimia tersebut.
Rusia berencana akan membawa dua pesawat amphibi berkapasitas 12 ribu liter. Sementara itu, pemerintah Indonesia tengah melakukan pembicaraan dengan Thailand dan China untuk kerja sama dalam penggunaan alat yang disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.
Pemerintah Indonesia juga tengah berkomunikasi dengan pemerintah Australia, untuk mengirim pesawat Hercules berkapasitas 15 ribu liter. Menurut rencananya, pesawat Hercules itu akan tiba hari ini, Selasa (13/10/2015).
Malaysia telah mengirimkan pesawat Bombardir dengan kapasitas muatan 6 ribu liter.
Singapura juga tidak mau ketinggalan. Negara itu mengirimkan pesawat Chinook dengan kapasitas 5 ribu liter.

Harapan kita semua, semoga dengan bantuan dari negara-negara itu, kebakaran hutan yang selama ini telah di anggap menyengsarakan bisa dengan cepat teratasi, iya kan sob?
Sekarang yang menjadi pertanyaan, apakah orang-orang yang telah mengambil keuntungan dari hutan-hutan itu berani terjun ke lapangan untuk memadamkan api kebakaran?

11 Responses to "Indonesia Dapat Bantuan 'Mesake' Tangani Kebakaran Hutan"

  1. мαdυмσє вlσg13 Oktober 2015 pukul 06.14

    http://zackymadumoe.mywapblog.com/indonesia-dapat-bantuan-mesake-tangani-k.xhtml

    BalasHapus
  2. semoga cepat berakhir deh kebakarannya,

    BalasHapus
  3. Kalau saja pemerintah melakukan pemadaman sejak awal munculnya api, mungkin masyarakat tidak akan mengalami hal parah 'terkena ISPA atau Infeksi Pernafasan' yang sangat membahayakan itu. Namun demikian, mungkin pemerintah lagi memikirkan jalan atau cara yang terbaik guna pemadaman kebakaran hutan itu. Tapi, bukankah kebakaran hutan sering terjadi di Indonesia, ya? Jadi, seharusnya pemerintah sudah punya cukup pengalaman dalam menangani pemadaman kebakaran hutan. Jangan lantas mengandalkan bantuan dari negara lain kan?
    Lebih bagus kan menangani sendiri dari pada melibatkan bantuan negara asing. Mengapa demikian? Karena kita akan menjadi profesional dan maju. Mereka para negara asing juga akan menilai kalau negara Indonesia sudah pintar, tangkas, dalam menangani setiap bencana yang melanda. Namun, kita hargai bantuan mereka dan kita tetap bangga dengan negara Indonesia.
    Semoga kebakaran hutan di Indonesia akan cepat teratasi dan biar masyarakat bisa kembali menghirup udara segar, jauh dari asap dan terhindar dari ISPA.

    BalasHapus
  4. Putra Anak Kerinci13 Oktober 2015 pukul 11.24

    Hmm, daerah saya di jambi juga besar kebakaran hutannya, dan kabut asap sudah meraja lela, semoga aja kabutnya dapat teratasi.

    BalasHapus
  5. Semoga hal serupa tak terjadi lagi diindonesia!

    BalasHapus
  6. мαdυмσє вlσg13 Oktober 2015 pukul 15.37

    @Lonet unik,
    Semoga saja ya gan. Tapi sepertinya kejadian kebakaran hutan seperti ini sudah berulang kali terjadi di Indonesia.

    BalasHapus
  7. Syukurlah kalau dalam penanganan kebaran hutan di Indonesia ini mendapat bantuan dari negara-negara tersebut. Semoga kebakarannya dapat terasi dengan pemadaman selamanya, hingga kabut asap yang sangat menyesakkan pernafasan cepat hilang. Kasihan kan masyarakat sampai terkena Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA).

    BalasHapus
  8. мαdυмσє вlσg13 Oktober 2015 pukul 16.23

    @LOTRE MP3,
    Iya gan. Semoga asap kebakaran hutannya cepat hilang. Kasihan orang-orang yang menghirup asap tersebut.

    BalasHapus
  9. мαdυмσє вlσg13 Oktober 2015 pukul 16.26

    @Putra Anak Kerinci,
    Oh, Jambi juga terkena asap kebakaran hutan ya gan? Eh, Jambi itu di daerah Sumatera kok ya? Hehee.

    BalasHapus
  10. мαdυмσє вlσg13 Oktober 2015 pukul 16.29

    @PIRING LAGU,
    Mungkin pada waktu itu pemerintah tengah mencari jalan terbaik guna menangani bencana kebakaran hutan tersebut. Jadinya belum mengambil tindakan. Tapi kan kemudian pemerintah menerjunkan para tentara itu gan.
    Semoga saja kabut asapnya cepat hilang karena penanganan yang melibatkan bantuan negara-negara asing itu.

    BalasHapus
  11. мαdυмσє вlσg13 Oktober 2015 pukul 16.31

    @AESEN,
    Iya gan. Kasihan warga yang terus-terusan menghisap asap dari kebakaran hutan tersebut.

    BalasHapus