Konsep Dan Kecewa

konsep-dan-kecewa.jpg

Apa jadinya bila sebuah konsep atau rancangan tidak tersusun dengan benar? Entah itu sebuah konsep tentang pembangunan, pekerjaan dan lain-lain.
Sebuah konsep yang tidak tersusun dengan benar pastinya akan menemui kegagalan. Hal itu mungkin dikarenakan njelimetnya kita dalam memikirkan untung dan ruginya akan hasil yang dicapai nanti.
Kegagalan sebuah konsep tersebut tentunya akan membuat pihak lain merasa kecewa, jika kita melibatkan pihak lain di dalam rancangan yang kita bikin, sementara dalam rancangan tersebut telah menguras banyak waktu, tenaga dan biaya.

Sebuah rancangan memang harus diolah sampai benar-benar matang, sehingga tidak akan ada kebimbangan dalam mengambil keputusan atas konsep tersebut, karena bukan tidak mungkin kalau nanti kita akan menemui kendala dalam menjalankan rancangan itu.
Bisa saja semua yang kita konsepkan dengan cepat akan berubah atau bertolak belakang dari yang kita harapkan.
Sebagai contoh saja, dimana dibatalkannya rancangan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung oleh Presiden Jokowi. Hal ini bukan karena semata-mata konsepnya yang tidak bagus. Namun, mungkin karena banyaknya pertimbangan-pertimbangan lain yang kemudian muncul disaat kesepakatan hampir pada finishnya.
Memang akan sangat aneh bila sebuah program proyek besar seperti pembangunan jalur kereta api cepat itu tidak akan melibatkan pemerintah, karena diakui atau tidak bahwa pembangunan tersebut juga akan memerlukan lahan tanah yang kita ketahui pemilik tanah di Indonesia ini adalah pemerintah, meskipun kita sudah mengantongi buku sertifikat kepemilikan tanah bersangkutan.

Jadi, sebuah konsep atau perencanaan memang harus dimatangkan sebelum kita mengambil keputusan, agar hal tersebut menjadi lebih bijak dan tidak ada yang merasa dirugikan. Bukankah kita sendiri juga yang akan merasa senang bila apa yang kita rencanakan akan menuai keberhasilan? Semua kembali pada diri kita masing-masing bagaimana kita menindaklanjuti apa yang telah kita konsepkan, rencanakan.

15 Responses to "Konsep Dan Kecewa"

  1. мαdυмσє вlσg9 September 2015 pukul 07.23

    http://zackymadumoe.mywapblog.com/konsep-dan-kecewa.xhtml

    BalasHapus
  2. 1001 Kumpulan Cheat Game9 September 2015 pukul 11.04

    semuanya itu harus sesuai konsep sob seperti halnya blog saya ini konsepnya adalah cheat game.. dan yang berhubungan dengan game.. Postnya keren ;)

    BalasHapus
  3. Free Backlink Backlink Gratis9 September 2015 pukul 12.06

    yo yo jadi pembangunan kereta ya.

    BalasHapus
  4. Seharusnya sebelum kita merancang, terlebih dulu kita memikirkan hal-hal yang sekiranya bakal terjadi setelah kita menjalankan konsep itu, atau paling tidak kita mereview kembali apa-apa yang berhubungan dengan rancangan kita, agar kita tidak menarik lagi/membatalkan apa yang telah ada untuk kesepakatan bersama kalau memang yang kita rancangkan melibatkan orang lain.

    BalasHapus
  5. hanya bisa menyimak saja sob, maklum ane kurang ngerti.

    BalasHapus
  6. мαdυмσє вlσg9 September 2015 pukul 13.07

    @1001 Kumpulan Cheat Game,
    Iya bener. Harus sesuai konsep, harus sesuai dengan rancangan semula, meskipun terdapat banyak kendala dalam pelaksanaannya.

    BalasHapus
  7. мαdυмσє вlσg9 September 2015 pukul 13.09

    @Free Backlink Backlink Gratis,
    Itu sebuah contoh saja, bagaimana tidak jadinya pelaksanaan dari sebuah konsep yang telah ada.

    BalasHapus
  8. мαdυмσє вlσg9 September 2015 pukul 13.12

    @PIRING LAGU,
    Mungkin hal-hal buruk yang bakal terjadi sudah dipikirkan masak-masak. Namun kita butuh keberanian, karena mental juga sangat dibutuhkan dalam menjalankan sebuah konsep yang telah kita bikin.

    BalasHapus
  9. мαdυмσє вlσg9 September 2015 pukul 13.16

    @Putra Anak Kerinci,
    Silahkan gan. Semoga dengan disimak benar-benar, nantinya kita bisa mengerti atau paham, hehee.

    BalasHapus
  10. menjalankan sebuah konsep membutuhkan banyak hal baik yang terduga ataupun tidak terduga kadang konsep sudah benar tapi kenyataan di lapangan berbeda

    BalasHapus
  11. motifasi yang sangat bagus
    bener kata istilah sedia payung sebelum hujan

    BalasHapus
  12. мαdυмσє вlσg9 September 2015 pukul 17.10

    @Hermansyah,
    Iya gan. Konsep hanyalah sebuah rancangan untuk sesuatu hal yang akan dikerjakan, yang pastinya sedikit banyak akan menemui perubahan karena perbedaan antara konsep dan apa yang terjadi di lapangan.

    BalasHapus
  13. мαdυмσє вlσg9 September 2015 pukul 17.15

    @haikal,
    Ya, dengan membuat sebuah perencanaan sebelum terjun langsung pada pengerjaan, itu lebih baik, karena kita bisa mengira-ngira akan apa saja yang akan kita kerjakan nantinya.

    BalasHapus
  14. Setuju banget sob.
    Sebelum kita merancang suatu proyek besar, sebaiknya kita mempertimbangkan terlebih dahulu efek samping kedepannya untuk orang banyak, bukan untuk diri kita sendiri aja.

    BalasHapus
  15. мαdυмσє вlσg10 September 2015 pukul 12.08

    @Imanuel Radot,
    Iya gan. Sebuah konsep besar harus mempertimbangkan semua lapisan, agar kelak tidak terkena dampak buruk yang bisa juga muncul dikemudian hari.

    BalasHapus