Pemerintah Menetapkan Hari Raya Idul Adha Pada 24 September 2015

sidang-istbat.jpg<br(foto: konferensi pers sidang istbat awal dzulhijjah 1436 h)

Hari Raya Idul Adha sebentar lagi, tinggal menghitung hari. Namun, penetapan hari raya Idul Adha antara Pemerintah dan Muhammadiyah berbeda.
Pemerintah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha jatuh pada Kamis, 24 September 2015. Pemerintah menggunakan kriteria bahwa hilal harus di atas 2 derajat. Sementara Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Rabu, 23 September 2015.
Muhammadiyah tidak mengharuskan hilal di atas 2 derajat.

"Sementara Muhammadiyah landasan hisap murni, berapapun di atas ufuk, maka nanti malam setelah Maghrib 1 Dzulhijjah," Kata Ma'rifat kepada wartawan setelah mengikuti sidang istbat di kantor Kementerian Agama, Jakarta, Minggu (13/9/2015).

Ketetapan Muhammadiyah itu tercantum dalam maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 01/MLM/t.0/Et201 yang dikeluarkan pada 28 April 2015 lalu dan ditandatangi oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah waktu itu, Din Syamsuddin.
Ketetapan itu merupakan hasil hisab Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah 1436 hijriah sesuai hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

jutaan-umat-muslim-melaks.jpg<br(foto: jutaan umat muslim melaksanakan tawaf)

Arab Saudi mengumumkan bahwa Idul Adha 1436 hijriah jatuh pada Kamis, 24 September 2015 waktu setempat. Penguman tersebut dibuat setelah pejabat berwenang Arab Saudi yang mengamati bulan Dzulhijjah telah melihat penampakan bulan. Setelah bulan dapat terlihat, maka diputuskan waktu masuknya bulan Dzulhijjah yang merupakan bulan ke-12 dalam kalender Islam.

Hari Raya Idul Adha dirayakan oleh umat Islam setiap tanggal 10 Dzulhijjah sesudah para jamaah haji wukuf di Padang Arafah dan melaksanakan rangkaian prosesi ibadah hajinya.
Idul Adha merupakan simbol dimana menghormati kesedian dan keikhlasan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan anaknya, Ismail, utuk disembelih. Tapi kemudian Allah SWT menggantinya dengan kambing.

Postingan terkait: Menjelang Idul Adha harga hewan kurban naik.

3 Responses to "Pemerintah Menetapkan Hari Raya Idul Adha Pada 24 September 2015"

  1. мαdυмσє вlσg14 September 2015 pukul 17.09

    http://zackymadumoe.mywapblog.com/pemerintah-menetapkan-hari-raya-idul-adh.xhtml

    BalasHapus
  2. Alhamdulilah, Kabar kapan Jatuhnya hari raya idul adha sudah ada..

    BalasHapus
  3. Thanks gan infonya, tapi lebaran idul adha kali ini saya gak bisa kumpul sama keluarga gan:(

    BalasHapus