bahayanya tetes mata yang mengandung steroid

obat-tetes-mata-img.jpg<br

Apakah mata anda sakit ? lalu apa yang mesti kita lakukan di saat mata kita sakit, mata memerah ?. Dan obat apa yang harus kita pakai ?

Mata sakit, mata memerah pasti pernah terjadi pada kita, yang mana akan membuat pandangan kita akan menjadi kabur.
Saat mata kita sakit, pasti yang pertama kita lakukan adalah mengobatinya dengan obat tetes mata bukan ?. Selain harganya yang cukup terjangkau, obat tetes mata juga mudah di jumpai di toko-toko obat atau pun di warung kecil.
Namun kita harus hati-hati dengan pemakaian obat tetes mata dan tidak boleh di gunakan sembarangan.

Penggunaan obat tetes mata yang tanpa pengawasan dokter bisa menyebabkan iritasi ringan, hingga membahayakan kesehatan mata. Terutama dengan obat tetes mata yang mengandung steroid.

Steroid adalah obat paling efektif untuk mengatasi mata merah dan iritasi ringan.
Dalam jangka waktu lama dan pemakaian yang tidak terkontrol, steroid dapat memicu glaukoma (sekelompok penyakit neuropati optik yang menyebabkan kerusakan nervus optikus yang ditandai dengan kerusakan papil nervus optikus yang khas (ekskavasio glaukomatosa) dan penyempitan lapang pandang dengan peningkatan tekanan intraokuler (TIO) sebagai salah satu faktor resiko), katarak, kebutaan dan gangguan kesehatan mata lain.
Steroid menyebabkan retensi di trabekulum meshwork dan menghambat aliran humor aqueous (humor aqueous/HA adalah suatu cairan jernih yang mengisi kamera anterior dan posterior mata) hingga menyebabkan peningkatan tekanan bola mata.
Akibatnya, mekanisme pembuangan terganggu, sehingga cairan tersebut tetap terkumpul di dalam mata. Lama-kelamaan tekanan bola mata akan meningkat hingga mengakibatkan glaukoma.

Gejala penyakit yang sering kita ditemui di usia senja. Yakni, berupa kekeruhan pada lensa mata atau sering disebut katarak.
Gejala katarak diawali dari kaburnya penglihatan, berkabut, atau berasap. Pada tingkat selanjutnya, penglihatan akan menjadi dobel dan berganti-ganti ukuran kacamata.

Untuk mengatasinya, tidak ada pilihan selain operasi. Operasi ini memiliki keuntungan penyembuhan luka lebih cepat, luka operasi lebih kecil dan resiko perdarahan minimal.


tetes-mata-img.jpg<br

Nah, itulah bahayanya obat tetes mata yang mengandung steroid yang dapat memicu timbulnya glaukoma dan penyakit mata lainnya. Jadi hati-hati dalam pemakaian obat tetes mata.



tag: bahayanya tetes mata yang mengandung steroid>

1 Response to "bahayanya tetes mata yang mengandung steroid"

  1. zαcку мαdυмσє2 Mei 2015 pukul 18.18

    http://zackymadumoe.mywapblog.com/bahayanya-tetes-mata-yang-mengandung-ste.xhtml

    BalasHapus