ciplukan dan manfaatnya

ciplukan-img.jpg<br

Ciplukan , tentu anda tau bukan ?. Tumbuhan yang satu ini ternyata banyak sekali manfaatnya. tumbuhan ini sangat subur di persawahan, apalagi sawah yang telah usai di panen tanamnya. namun sekarang, tumbuhan ini banyak di tanam di sekitar rumah atau di tempatkan di pot bunga, karena mereka sudah tau akan khasiat dari tumbuhan ini.
Dulu aku sering memakan buah ciplukan ini di sela-sela mencari rumput buat kambing, hehehee dan sekarang pun aku masih suka memakan buah ciplukan ini.


Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat tumbuhan ciplukan tersebut :

buahnya:
mengandung vitamin C, gula, tanin, fisalin, kriptoxatin, steroid, polifenol.

biji buahnya :
asam palmitat, stearat.

tunasnya :
saponin, flavonoid.

akarnya :
alkaloid.

batang dan daunnya :
chlorogenic acid.

selain itu, masih ada lagi zat lainnya seperti: asam malat, asam sitrun, H2o, dimana zat-zat tersebut bisa membantu kesehatan tubuh kita.

khasiat dan manfaatnya:

akar tanaman :
mengobati diabetes melitus.
cara pakainya: cabut tanaman tersebut, ambil akarnya, diamkan beberapa saat sampai layu, di rebus dengan mencampurkan 3 gelas air, rebus hingga mendidih, saring airnya dan di minum 1x sehari, lakukan dengan rutin dan telaten.

buahnya :
- mengobati penyakit epilepsi/ayan.
cara pakainya: ambil 8 - 10 biji buah ciplukan setiap hari, hal ini dapat membantu mengatasi epilepsi/ayan secara berkala.
- mengobati darah tinggi.
cara pakainya: ambil buahnya 5 gram, rebus dengan air 110 ml selama 15 menit sambil dia aduk. saring airnya dan di dinginkan, di minum 2x sehari.
- mengobati penyakit paru-paru.
cara pakainya: ambil semuanya, dari daun, akar, bunga, batang dan buahnya. rebus dengan air 3 - 5 gelas sampai mendidih, di saring dan di minum 3x sehari.

daunnya :
dapat melawan penyakit kanker.


tidak sedikit manfaat dari tanaman yang bernama ciplukan ini. contoh manfaatnya adalah meredakan batuk, menetralkan racun, anti tumor, mengaktifkan fungsi kelenjar tubuh, anti bakteri, anti virus, analgesik, dan lain-lain.
Bagaimana sobat ? apakah anda juga suka memakan buah ciplukan ? dan memanfaatkan daun sampai akarnya untuk obat ?.



tag: ciplukan dan manfaatnya

1 Response to "ciplukan dan manfaatnya"

  1. zαcку мαdυмσє2 Mei 2015 pukul 18.49

    http://zackymadumoe.mywapblog.com/ciplukan-dan-manfaatnya.xhtml

    BalasHapus