marah

marah.jpg<br

Marah, merupakan gejolak hati yang mendorong agresifitas (perilaku). Energi marah ini meledak untuk mencegah timbulnya hal-hal negatif juga untuk melegakan jiwa dan sebagai pembalasan akibat hal-hal negatif yang telah menimpa seseorang.
Kita sering beranggapan bahwa dengan meluapkan kemarahan, kita akan melegakan kemarahan, padahal sebenarnya yang terjadi sering sekali membuat orang yang bersangkutan tidak dapat mengontrol dirinya.
Meluapkan kemarahan apalagi yang berlebihan, merupakan salah satu ekspresi memanjakan ego yang cenderung bersifat negatif.

Marah adalah nyala api dari neraka. Seseorang pada saat marah,mempunyai kaitan erat dengan penghuni neraka.

memikirkan kembali dengan tenang tentang faktor yang menjadi pemicu kemarahan tersebut, apakah sepatutnya di sikapi dengan marah apa tidak.


berikut kiat meredam marah:

* tersenyum.
saat anda marah, bergegaslah anda berlari menuju cermin/kaca. lihatlah betapa jeleknya kita ketika marah.
percaya atau tidak, kemarahan bisa sirna dengan kita bercermin di saat marah tadi (mungkin karena kita malu dan sadar, bahwa kita jelek kalau marah, hehehee).

* menunda amarah.
janganlah melampiaskan rasa marah secara spontan dan reflek. contoh, dengan membanting atau melemparkan benda, yang ada nanti kita malah rugi setelah kita reda dari kemarahan tersebut dan menyadarinya bahwa benda yang kita banting tadi adalah benda kesanyangan kita. jadi belajarlah menunda amarah.

* positif thinking (husnudzon).
mencoba memahami alasan, sikap dan perilaku orang tersebut. kan banyak itu orang kalau berbicara dengan nada tinggi seperti lagi marah, padahal dia tidak marah, karena itu sudah menjadi nada atau logat bicaranya seperti itu.

* mendekatkan diri.
dekatkan diri secara fisik kepada seseorang yang kita cintai di saat marah untuk menetralisir kemarahan. misalnya dengan menggenggam tangannya. hal ini dengan maksud agar kemarahan bisa teredam.

*memaafkan.
sikap lembut dan tegar dengan mengharap ridho illahi robbi.
menjadi pemaaf dalam menghadapi orang lain atau diri sendiri pada saat lagi marah atau di marahi adalah hal yang baik.



tag: marah

0 Response to "marah"

Posting Komentar