musim hujan dan mengantuk

a


selamat sore sahabat mwb.


Mengantuk ? , bukan saja di musim hujan atau dimusim kemarau. Namun musim hujan kerap/sering sekali membuat orang mudah mengantuk, tidak terkecuali di waktu sibuk atau jam kerja.
Untuk mengurangi rasa kantuk ini, di sarankan untuk makan sebelum memulai aktifitas harian.

Yang membuat kita mengantuk yakni, apabila oksigen ( unsur kimia dalam sistem tabel periodik yang O mempunyai lambang dan nomor atom 8. Ia merupakan unsur golongan kalkogen dan dapat dengan mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya) di otak berkurang. Hal ini dapat di akibatkan saat kita terlambat makan atau bahkan makan terlalu kenyang, atau terlalu berat sehingga pemakaian oksigen lebih di utamakan untuk sistem pencernaan.
Oleh karena itu, untuk mengurangi rasa kantuk sebaiknya memastikan diri untuk sarapan/makan pagi sebelum memulai aktivitas.
Di sarankan agar makan secukupnya dan menghindari makanan yang terlalu berat. Misalnya, gorengan, mengandung santan, makanan tinggi karbohidrat (sumber utama tenaga), atau bahkan kombinasi ketiganya.

Rasa kantuk terutama di musim penghujan di akibatkan bukan karena cuaca dingin saja, akan tetapi juga karena ambience (nuansa, momen, suasana) dari musim hujan. misal suasana temaram dan suara rintik hujan juga mampu memasukkan kita ke dalam fase rileks.

Keinginan untuk tidur berkaitan dengan hormon melatonin (kelenjar pineal).
Ketika sinar matahari mengenai saraf optik (susunan saraf yang berfungsi mengirimkan informasi penglihatan dari retina ke otak), maka hormon melatonin akan berkurang dan kita akan terjaga dari rasa kantuk tersebut.
Pada saat musim hujan ketika sinar matahari lebih jarang, sekresi (proses untuk membuat dan melepaskan substansi kimiawi dalam bentuk lendir) hormon melatonin akan meningkat dan hasilnya kita akan merasa mengantuk.



tag: musim hujan dan mengantuk

0 Response to "musim hujan dan mengantuk"

Posting Komentar